LINGKAR BANDUNG
2 Ormas Terus Bentrok, Polisi Diminta Profesional
Oleh: Dani R Nugraha
Selasa, 7 Mei 2013, 01:30 WIB

INILAH, Bandung - Ratusan anggota PP tidak puas dengan kinerja polisi. Mereka pun bermaksud mendatangi Mapolres Bandung. Di perjalanan, seorang anggota BBC melintas, dan aksi sweeping pun terjadi.

Penganiayaan terhadap Deni Sahputra (39) anggota Ormas Pemuda Pancasila (PP) Baleendah beberapa waktu lalu, berbuntut panjang. Ratusan massa PP Kabupaten Bandung melakukan sweeping terhadap anggota ormas Buah Batu Corps (BBC) di Jalan Raya Banjaran-Soreang tepatnya di Kampung Ciherang Kecamatan Cangkuang Kabupaten Bandung, Senin (6/5).

Awalnya, ratusan massa PP bermaksud mendatangi Mapolres Bandung untuk menanyakan tindak lanjut penanganan kasus pengrusakan rumah dan kendaraan milik Deni Syaputra. Namun di tengah perjalanan, mereka menemukan seorang anggota ormas BBC yang tengah mengendari sepeda motor.

Tanpa dikomando, massa ormas PP ini langsung menghentikan dan menggiringnya ke Markas PP di Ciherang. Anggota BBC yang belakangan diketahui bernama Asep Rudi itu sempat menjadi bulan-bulanan anggota PP. Tak hanya itu, sejumlah anggota PP lainnya berusaha merusak dan menghancurkan sepeda motornya.

Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) PP. Kabupaten Bandung, Dadang S. Akbar mengakui, aksi puluhan anggota PP ini di luar kendali. Menurutnya, aksi itumerupakan dampak ketidakpuasan terhadap kinerja Polisi yang berjanji 3 x 24 jam akan menangani masalah pengrusakan rumah anggota PP tersebut.

Dadang mengatakan, sebenarnya anggota PP taat terhadap hukum yang berlaku di Indonesia. Namun karena belum ada kejelasan serta ada keganjilan dalam mengenai kasus pengrusakan yang menimpa Deni Sahputra, anggota PP pun berniat mempertanyakannya.

"Kami minta Polisi profesional dan segera menangkap para pelaku pengrusakan, sehingga bisa mencegah tidakan anarkis lainnya. Kalau tidak, maka akan terjadi letupan-letupan lain. Karena anggota PP banyak tersebar di berbagai wilayah sampai ke desa-desa," tegasnya.

Sementara itu, Kapolsek Banjaran Kompol Ahmad Yasan membenarkan adanya aksi sweeping dadakan ormas PP terhadap ormas BBC. "Saya mendapat kabar dari Polsek Pameungpeuk, bahwa ada aksi perusakan dan pengnaiayaan, maka saya melakukan peredaman agar aksi anarkis tidak meluas," kata seraya mengatakan korban aksi sweeping telah dibawa ke Polres Bandung untuk dimintai keterangan. [den]

Share berita: Facebook | Twitter
TERKAIT
2014, Kuota LPG 3 Kg Kab Bandung Bertambah
Banjir Masih Jadi Ancaman Utama di Kab Bandung
Ironi Petani Kopi di Kabupaten Bandung
35.443 Warga Kab Bandung Masih Buta Huruf
Pengungsi Baleendah Harus Kosongkan Rusunawa