POLITIK DAN PEMERINTAHAN
Cabup Garut, Nafsu Besar Tenaga Kurang
Oleh: nul zainul mukhtar
Minggu, 12 Mei 2013, 10:59 WIB

INILAH.COM, Garut – Nafsu besar tenaga kurang, begitulah nasib sejumlah calon bupati/wakil bupati Garut dari jalur perseorangan. Belum apa-apa, sebagian sudah rontok di awal jalan.

Sebanyak 7 dari 22 pasangan bakal calon (balon) Bupati Garut dan Wakil Bupati Garut 2014-2019 itu langsung dinyatakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut gugur. Mereka tidak bisa diverifikasi lebih lanjut.

Penyebabnya, jumlah dokumen dukungan diserahkan mereka ke KPU tidak memenuhi syarat batas minimal dukungan perseorangan yang mencapai sebanyak 89.783 dukungan (3% dari jumlah penduduk Kabupaten Garut) dengan sebaran minimal di 21 kecamatan (50% dari jumlah kecamatan).

“Setelah diperiksa, sampai batas akhir Penerimaan Dokumen Dukungan Perseorangan ke KPU, Jumat (10/5) pukul 24.00 WIB, ketujuh pasangan balon ini jumlah dukungannya kurang. Otomatis dicoret, tidak lolos,” tegas Ketua KPU Kabupaten Garut, Aja Rowikarim, Minggu (12/5/2013).

Munculnya sampai 22 pasangan calon dari jalur perorangan memang mengejutkan. Dengan jumlah sebanyak itu, berarti sekitar 66% jumlah suara dukungan di Kabupaten Garut sudah dipastikan masuk ke calon perorangan. Sebab, masing-masing pasangan calon harus memenuhi syarat dukungan minimal 3% suara dari jumlah penduduk Kabupaten Garut yang dibuktikan dengan KTP. [ing]

Share berita: Facebook | Twitter
TERKAIT
Cakupan Layanan Air Minum di Garut Baru 10%
45 Caleg Gagal di Garut Berpeluang Masuk Garsel
Pasien Gangguan Jiwa di RSU Garut Meningkat
Tim Komite DOB Verifikasi Faktual Pemekaran Garsel
Anggaran Perbaikan Jalan di Garut Hanya Rp1,6 M