LINTAS JABAR
RY Dinilai Mudah Kalahkan Akri Patrio-Calon PDIP
Oleh: Dian Prima
Senin, 27 Mei 2013, 12:12 WIB

INILAH, Bogor - Pertarungan di Pilbup Bogor 2013 tinggal menyisakan satu partai yang belum mengusung pasangan calon.

Dari 8 parpol parlementer, 7 parpol telah berkoalisi untuk mengusung calon incumbent Rachmat Yasin yang berpasangan dengan Sekda Kab. Bogor Nurhayanti. Hanya PDI-P yang belum mengajukan nama pasangan calon yang diusung.

Ketujuh parpol yang berkoalisi tersebut adalah PPP, Partai Demokrat, PKS, Hanura, Gerindra, PAN, PBB. Koalisi yang berlabel 'Koalisi Kerahmatan' sudah resmi mendaftarkan RY dan Nurhayanti sebagai pasangan cabup dan cawabup di Pilbup 2013.

Di mata pengamat politik Bogor Soyfan Sjaf, peluang pasangan ini memenangkan pilbup sangat besar. "Melihat parpol pengusung kemungkinan besar pasangan ini akan menang mudah. Tetapi jangan anggap enteng pula peran dari strategi PDI-P dalam pilbup ini. Begitu juga dengan pasangan independen Gunawan Hasan dan Akri Patrio," jelasnya, Senin (27/5/2013).

Sofyan melihat PDI-P akan menyiapkan strategi khusus untuk melawan koalisi terbesar sepanjang sejarah pilkada ini. Beberapa tokoh nasional PDI-P bukan tidak mungkin akan turun gunung di Pilbup ini.

"Tidak tertutup kemungkinan segala kekuatan akan dikerahkan PDI-P untuk memberikan perlawanan dalam pilbup nanti. Apalagi melihat hasil pilgub jabar kemarin yang menunjukkan kualitas dan kapasitas suara PDI-P di Kab Bogor cukup bagus," paparnya.

Sofyan juga melihat, koalisi yang dibangun PPP adalah sebuah sejarah di mana hampir lebih dari 80 persen kursi parlemen dikuasai untuk membentuk satu koalisi super.


"Koalisi kerahmatan ini bisa menjadi satu kekuatan penuh dalam pilbup bogor. Untuk pilbup ini hanya tinggal menyisakan satu tiket pasangan yaitu pasangan yang diusung PDI-P saja," paparnya. [ito]

Share berita: Facebook | Twitter
TERKAIT
MK Tolak Gugatan Pilbup Bogor
KPU Kab Bogor Siap Hadapi Gugatan Pilbup
(Pilbup Bogor 2013) Alex-Henky Masih Enggan Beberkan Materi Gugatan
(Pilbup Bogor 2013) Unggul Quick Count, Akrie Ucapkan Selamat ke RY
Unggul Quick Count, Kubu Rachmat Yasin Bersyukur