LINTAS JABAR
Kuota Haji di Sumedang Kemungkinan Berkurang 20%
Oleh: Vera Suciati
Kamis, 13 Juni 2013, 18:25 WIB

INILAH.COM, Sumedang - Kuota jemaah haji di Sumedang untuk tahun ini diperkirakan akan berkurang seiring dengan adanya pengurangan kuota secara nasional yang disampaikan pemerintahan Saudi Arabia terhadap Pemerintahan RI karena adanya renovasi Masjidil Haram.

Kuota Haji untuk Sumedang bisa berkurang 168 Orang. Pengurangan kuota menimbulkan kekecewaan pada calon jemaah haji yang sudah siap-siap berangkat pada tahun ini.

“Tahun ini memang diperkirakan bakal ada pengurangan kuota haji secara nasional yang pasti berdampak pula pada pengurangan kuota haji untuk Sumedang. Pengurangannya mencapai 20 persen,” kata Kepala Kantor Kemenag Sumedang, Ilih Permana, Kamis (13/6/2013).

Meski demikian, Kemenag Sumedang belum melakukan apapun terkait adanya pengurangan kuota tersebut terhadap daftar calon jemaah haji yang sudah siap berangkat. Seperti pada dua tahun sebelumnya, kuota haji di Sumedang tahun 2013 adalah sebanyak 842 orang. Jika ada pengurangan sebanyak 20 persen maka, akan ada 168 orang yang batal berangkat tahun ini. Namun, Kemenag belum menghapus daftar calhaj tersebut melainkan masih menunggu keputusan dari pusat.

“Kami sendiri belum melakukan pengurangan terhadap daftar itu. Pengurangannya biar dilakukan oleh Kemenag pusat saja, karena kami masih belum tahu apa intruksi atas pengurangan tersebut,” kata Ilih.

Akan tetapi, menurut Ilih, bisa saja kuota haji di Sumedang justru naik. “Makanya soal kuota tinggal serah setelah adanya pemberitahuan secara general dari pusat, bisa saja kuota haji Sumedang memang dikurangi, tapi tidak menutup kemungkinan kuota hanya berubah saja,” tambah Ilih.

Sampai 12 Juni 2013 ini atau waktu terakhir pelunasan Biaya Pemberangkatan Ibadah Haji (BPIH) untuk pemberangkatan haji 2013, ada sebanyak 802 calon haji yang sudah melunasinya. Sisanya 40 orang masuk daftar tunggu kuota nasional dengan batas waktu pelunasan 18 Juni 2013 sampai dengan 26 Juni 2013. Kecuali jika Kemenag sudah mendapatkan intruksi atas adanya pengurangan kuota nasional, jumlah calhaj yang berangkat bisa berubah lagi meski calhaj tersebut sudah melunasi BPIH.[ang]

Share berita: Facebook | Twitter
TERKAIT
Pemkab Sumedang Pangkas Honorarium Pegawai
Sebelum Mengarung, FAJI Sumedang Bebersih Sungai
Produk Berbahan Lokal Dinilai Lebih Berdaya Jual
BUMD Baru Punya Bidang Usaha Baru
Polisi Jemput Kakek Penyiram Air Panas