POLITIK DAN PEMERINTAHAN
Ops Ketupat Lodaya, 36.090 Personel Disiagakan
Oleh: Ahmad Sayuti AK
Kamis, 11 Juli 2013, 19:55 WIB

INILAH.COM, Bandung - Sebanyak 36.090 personel disiagakan dalam operasi dengan sandi 'Ketupat Lodaya 2013' selama arus mudik dan balik Lebaran 2013. Operasi akan dimulai selama 16 hari, yakni dari H-7 hingga H+7 Lebaran.

Kapolda Jabar Irjen Pol Suhardi Alius mengatakan, sebagai jalur lintas antarprovinsi dan jalur utama mudik serta balik Lebaran, tentunya menjadikan Jabar sebagai jalur yang sangat padat, serta rawan kemacetan, dan kecelakaan lalu lintas.

Disamping itu, katanya, dengan semakin tingginya pertambahan jumlah kendaraan, yang tidak sebanding dengan pertambahan kapasitas jalan, tentunya juga akan berdampak terhadap peningkatan arus mudik dan balik Lebaran pada tahun ini.

"Makanya, Polda Jabar sesuai dengan tugas, fungsi dan peranannya sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, telah menyiapkan konsep pengamanan dengan sandi Operasi Ketupat Lodaya 2013, yang akan dilaksanakan selama 16 hari," katanya dalam Rakor Lintas Sektoral Ops Ketupat Lodaya 2013 di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kamis (11/7/2013).

Dia menyebutkan, dalam operasi tersebut sebanyak 36.090 personel, yang merupakan gabungan dari Polda Jabar, serta back up dari Mabes Polri, TNI, instansi terkait, dan potensi masyarakat disiagakan.

Menurutnya, sasaran operasi sendiri yakni untuk terwujudnya kamtibmas yang kondusif, serta terlaksananya keamanan, keselamatan ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcar Lantas) yang mantap, sehingga akan berkurangnya angka pelanggaran, kemacetan, kecelakaan dan korban meninggal dunia.

"Diharapkan dengan operasi ini masyarakat yang melintas wilayah Jawa Barat selama mudik maupun balik Lebaran, tidak lebih dari 10 jam," ujarnya.

Rakor yang diselenggarakan di Aula Herman Sudjanadiwirya itu, dihadiri Forum Koordinasi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, para pejabat utama Polda Jabar, Kepala Dinas/Instansi terkait, Jasa Marga, para Kapolres/tabes jajaran Polda Jabar, dan Organisasi Kemasyarakatan.[jul]

Share berita: Facebook | Twitter
TERKAIT
Polda Jabar Perkuat Pengamanan Jalur Wisata
Polda Jabar Kerahkan Perhatian Lebih di Nagreg
Polda Jabar Antisipasi Ambrolnya Jembatan Comal
Polda Jabar Siaga 1 Sampai Pelantikan Presiden
Polda Jabar Sita 36 Kg Ganja