LINTAS JABAR
Baznas Subang Tetapkan Zakat Fitrah Rp25 Ribu
Oleh: Zaenal Mutaqin
Minggu, 14 Juli 2013, 19:16 WIB

INILAH.COM, Subang - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Subang, sudah menetapkan nominal besaran zakat fitrah untuk Ramadan tahun ini.

"Kalau dinominalkan secara uang, untuk besaran zakat fitrah di kabupaten Subang sudah ditetapkan yaitu Rp25 ribu. Adapun kalau beras berdasarkan ketentuan sebanyak 2,5 kilogram," kata Kepala Humas Baznas Kabupaten Subang Suryana, Minggu (14/7/2013).

Besaran nominal zakat fitrah tersebut, tutur Suryana, sudah disesuaikan dengan harga terbaru yang diterimanya dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Subang.

Harga terbaru di Disperindag Subang, untuk harga bahan pokok beras rata-rata satu kilogramnya Rp10 ribu. "Kita mengambilnya sudah harga pertengahan. Sesuai kehati-hatian, kita lebih baik lebih dari pada kurang," paparnya.

Hal itu, menurut Suryana, dilakukan untuk meminimalisasi keluhan warga. Sebab berdasarkan pengalaman Ramadan tahun sebelumnya, banyak warga yang tak setuju dengan nominal yang ditetapkan, warga menganggap nominal besarannya terlalu kecil. "Untuk itu dalam menentukan besaran nominal zakat tersebut sudah dilakukan secara jeli," tuturnya.

Meski demikian, tambah Suryana, idealnya dalam bahan pokok yang diberikan untuk zakat fitrah itu harus sesuai dengan bahan pokok yang dimakan. "Zakat firah tergantung bahan pokok yang dimakan," pungkasnya.[jul]

Share berita: Facebook | Twitter
TERKAIT
Pasar Ikan Subang Beralih Fungsi Jadi Pemukiman
Pembangunan Pasar Baru Akan Dilanjutkan Mei
Sudah Telan Rp10,2 M, Pasar Subang Terbengkalai
Kursi Menurun, DPP Evaluasi Kinerja PDIP Subang
Pleno Pileg, Polres Subang Turunkan 650 Personel