DALAM NEGERI DAN INTERNASIONAL
Bulan Baru di Planet Neptunus Ditemukan
Oleh: Ova Nurbayanti Sofah
Selasa, 16 Juli 2013, 11:32 WIB

INILAH.COM, Bandung - NASA telah menemukan bulan baru yang mengorbit di Neptunus dengan menggunakan teleskop Hubble ruang angkasa. Ini merupakan bulan ke-14 yang dikenal untuk mengelilingi planet raksasa.

bulan baru ini juga tampaknya menjadi bulan terkecil dalam sistem Neptunus, dengan memiliki ukuran hanya 20 km (12 mil) yang bisa menyelesaikan satu putaran dalam 23 jam.

Bulan baru itu ditemukan Mark Showalter, Astronot dari AS, saat menyelidiki bagian dari cincin di sekitar Neptunus, kemudian dia melihat adanya titik kecil. Menurut metode penemuan Mr Showalter pergerakan dari titik itu muncul berulang-ulang, lebih dari 150 foto yang diambil dari Neptunus menggunakan Hubble antara 2004 dan 2009.

“Pancaran orbit dari bulan-bulan ini bergerak sangat cepat, maka kami harus menemukan cara untuk menemukan setiap pergerakan mereka agar bisa membawa sistem yang jelas,” jelas Showalter, seperti dilansir BBC.

“Seperti sama halnya dengan seorang fotografer olahraga untuk mengambil setiap momen atlet ketika sedang berlari tetapi gambar atlet itu tetap fokus hanya background-nya saja yang blur,” tambahnya.

NASA menyatakan bulan ini kira-kira 100 juta kali lebih redup daripada bintang bila di lihat dengan mata telanjang, itu membuat bulan baru ini tidak bisa dilihat dan ditemukan oleh pesawat ruang angkasa Voyager pada 1989 lalu ketika melewati sekitar Neptunus untuk mengamati sistem planet bulan dan cincin.[jul]

Share berita: Facebook | Twitter
TERKAIT
Terhalang Awan, Peneropongan Gerhana Bulan Gagal
Bulan Bung Karno, Mengingat Kebesaran Soekarno
Dewan Minta Perbaikan Jalan Kelar Bulan Depan
Tiap Bulan, 400 Motor Baru Banjiri Cimahi
Baru Dua Bulan, Tong Sampah Ramli Sudah Rusak