LINGKAR BANDUNG
BPMPD KBB Lakukan Monev Program ADD di 165 Desa
Oleh: Fuad Hisyamudin
Rabu, 4 September 2013, 22:38 WIB

INILAH.COM, Ngamprah - Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Bandung Barat (KBB) melakukan monitoring dan evaluasi (monev) program Alokasi Dana Desa tahun 2013. Program yang telah dilaksanakan 165 desa di 16 kecamatan di KBB, saat ini sudah memasuki triwulan IV.

"Program tersebut sudah dilaksanakan 165 desa se-KBB, BPMPD sebagai fasilitator dalam membantu menyalurkan anggaran dengan total Rp35,3 miliar untuk tahun 2013. Saat ini kami sudah memasuki tahapan monev atas penyerapan program ADD yang digulirkan," terang Kepala Seksi Fasilitasi Pengelolaan Keuangan Desa Bidang Pemerintahan Desa BPMPD KBB, Yayat Supriyatna kep[ada INILAH.COM, Rabu (4/9/2013).

Menurutnya, pelaksanaan program ADD tahun 2013 sudah terlaksana dengan mekanisme penyaluran anggaran secara dua tahap. Sejak awal tahun 2013, desa yang sebelumnya telah membuat proposal akan kebutuhan pembangunan dan memenuhi kriteria persyaratan sudah difasilitasi pendanaan dan bisa melakukan pencairan.

"Untuk besarannya mulai dari Rp187 juta hingga Rp265 juta untuk satu desa," ungkap Yayat.

Sampai saat ini, pencairan dana ADD sudah terserap 50% dari total anggaran yang dilokasikan untuk program ADD tahun 2013 sebesar Rp35,3 miliar. "Untuk pencairan tahap dua, semua desa wajib menyusun laporan penggunaan anggaran sebagai Laporan Pertanggungjawaban (LPj) atas program ADD tersebut. Jika LPj tahap awal tidak ada masalah, akan dikeluarkan pencairan dana ADD tahap dua," terangnya.

Selain itu, LPj yang sudah terima BPMPD akan menjadi dasar untuk melakukan monitoring dan evaluasi program ADD. Apakah sesuai dengan kondisi dilapangan, sesuai dengan peruntukan yang telah diajukan dalam proposalnya.

"Jika tidak sesuai, harus ada berita acara sebagai bukti pertanggungjawaban atas pengguanaan anggaran tersebut. Ini menyangkut keuangan, jadi kami harus melaksanakan tugas seusai peraturan yang ada," tegasnya.[ang]

Share berita: Facebook | Twitter
TERKAIT
BPMPD KBB Lakukan Monev Program ADD di 165 Desa