MAUNG BANDUNG
Liga Persib U-19
Saint Prima Hadapi IM UD Rahayu di Final
Oleh: Asep Pupu SB
Senin, 23 September 2013, 19:43 WIB

INILAH.COM, Bandung - Saint Prima berhasil melaju ke babak final turnamen Liga Persib U-19, setelah mengalahkan Mulyasari dengan skor telak 3-0. Tiga gol Saint Prima dikemas M Ilham (35), M Yogi (63) dan Ahmad Subagja (71).

Di partai final, Jumat (27/9), Saint Prima akan menghadapi IM UD Rahayu yang berhasil menang tipis atas tim Saswco, lewat gol semata wayang Hari Agustina di menit 39.

Pelatih IM UD Rahayu, Jajang Irmansyah tidak menduga anak asuhnya berhasil melaju ke babak final, lantaran torehannya kali ini sudah melampaui jauh dari target sebelumnya.

"Sebenarnya saya targetnya cuma lolos penyisihan grup, sekarang sampai final, suatu anugrah," ucap Jajang saat ditemui usai pertandingan di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani Bandung, Senin (23/9).

Jajang menuturkan, kemenangan IM UD Rahayu kali ini tidak terlepas dari kerja keras anak asuhnya. Selain itu, para pemain juga bisa menjalankan strategi sesuai dengan apa yang dinstruksikan olehnya.

Namun, memasuki paruh babak kedua Jajang mengaku anak-asuhnya kehabisan stamina setelah unggul 1-0, sehingga pasukan Saswco pun terlihat mendominasi permainan untuk mengejar ketertinggalan.

"Instruksi yang saya berikan setiap lawan pegang bola harus ada yang pressure, (babak kedua), tenaga udah mulai habis, karena babak pertama kita pressure," jelasnya.

Selanjutnya, Jajang akan langsung melakukan evaluasi permainan tim besutannya. Di samping itu, dia juga harus mulai membenahi kekurangan anak asuhnya, guna mempersiapkan diri menghadapi Saint Prima di partai puncak.

"Masalah fisik yang harus dibenahi dan komunikasi sejak pertama pertandingan komunikasi sering telat. Mungkin kita sama akan terapkan pressure juga," tukasnya.

Sementara itu, pelatih Saswco M Herrie Setyawan sudah memprediksi anak asuhnya akan mengalami penurunan. Hal itu disebabkan pada laga sebelumnya ketika mengalahkan UNI, pasukan Saswco dikhawatirkan terlalu dini merasa puas, sehingga menjadi takaran dari puncak permainannya.

"Saya sudah baca, dua hari lalu, saya takutkan klimaksnya pas lawan UNI. Itulah mental anak-anak harusnya lebih berani, saya sudah tekankan jangan cepat puas, karena kepuasan enggak bisa diukur," ucap Herrie di tempat yang sama.

Menurut Herrie, perkiraannya tersebut ternyata benar saja terjadi ketika bermain di 45 menit babak pertama. Sehingga, sambung dia, pasukan IM UD Rahayu bisa mencuri kesempatan menjebol gawang Saswco. Oleh sebab itu, pada saat memasuki paruh babak kedua, Herrie pun terus memberikan suntikan motivasi kepada anak asuhnya agar bisa bermain all out, walaupun kenyataannya hasil akhir lebih berpihak kepada tim lawan.

"Babak kedua saya kasih motivasi saya bilang jangan menyesal di kemudian hari jika tidak berbuat di babak kedua, jadi kalau teknis itu hampir sama, jadi saya cuma kasih motivasi saja," jelasnya.

Saswco akan berlaga memperebutkan tempat ketiga melawan Mulyasari pada Kamis (26/9) nanti.[jul]

Share berita: Facebook | Twitter
TERKAIT
(Liga Persib U-19) Saint Prima Hadapi IM UD Rahayu di Final
IM UD Rahayu dan Saint Prima Melaju Ke Semifinal
Mulyasari dan Saswco Melaju Ke Semifinal
Setia dan Saswco Lolos 8 Besar Liga Persib U-19
Babak 16 Besar Liga Persib U-19, 8 Tim Siap Tarung